Cara aman menjaga keselamatan saat berkendara jarak jauh

 

Bagaimana cara menjaga keselamatan saat berkendara jarak jauh. Keselamatan berkendara dan kenyamanan saat di perjalanan dapat menciptakan suasana perjalanan yang baik dan menyenangkan. Faktor paling penting saat berkendara adalah keselamatan sampai tujuan.


Keselamatan dan kenyamanan di perjalanan bukan hanya tanggung jawab pengemudi, melainkan meliputi seluruh penumpang, sehingga setiap penumpang kendaraan juga wajib menciptakan ketenangan dan kenyamanan bagi seorang pengemudi.
Jangan anggap remeh dan ringan tanggung jawab seorang pengemudi, baik itu sepeda motor, mobil pribadi, angkutan umum, dan bahkan pilot pesawat terbang. Para sopir tersebut harus tetap waspada dan bersikap tenang saat membawa kendaraan. Sikap dan perasaan seorang pengemudi dapat tercermin pada gerak laju kendaraannya.
Sopir / pengemudi yang tenang dan tidak banyak persoalan dalam hidupnya akan selalu melajukan kendaraannya dengan baik dan sesuai dengan peraturan, bahkan tidak ngebut. Mereka akan berfikir seribu kali untuk mendahului kendaraan didepannya. Tidak demikian dengan sopir yang selalu gelisah.


Anda dapat menciptakan suasana berkendara yang aman dan nyaman, sehingga suasana perjalanan anda menjadi perjalanan yang menyenangkan, meskipun jarak yang anda tempuh sangat jauh ( pulang mudik ), namun anda akan jarang sekali merasakan kecapekan maupun kelelahan.
berkendara jarak jauh
Itulah sebabnya sebaiknya setiap pengemudi dan penumpang kendaraan dapat membuat suasana sedemikian rupa sehingga keadaan didalam kendaraan tetap tenang dan nyaman.
Mengapa ketenangan dan kenyamanan saat berkendara begitu penting. Hal ini hanya untuk satu tujuan yaitu selamat sampai tujuan. Keselamatan memang menjadi hal yang paling utama dalam sebuah perjalanan, baik itu perjalanan darat, perjalanan laut, bahkan perjalanan udara.
Berbagai tips cara berkendara yang baik telah banyak ditemukan di media masa maupun di media online. Namun bagaimana dengan pelaksanaannya. Mudah mudahan tips keselamatan dari kapalmuda.blogspot.co.id ini dapat membantu anda menciptakan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.
Pada banyak kasus kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh keteledoran maupun kelalaian pengguna jalan. Bahkan kecelakaan kereta api yang sering terjadi akhir akhir ini juga banyak disebabkan oleh para pejalan kaki maupun pengguna jalan yang lain bertindak ceroboh.
Untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan sehingga sampai tujuan dengan aman, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut :
Tips aman saat berkendara
  • Cek secara teliti kendaraan yang akan menempuh perjalanan jauh.
  • Lengkapi semua perlengkapan kendaraan, seperti : lampu depan, lampu belakang, lampu sein, lampu rem, klakson, dan lainnya.
  • Cek dan bawa semua perlengkapan dan kunci kunci yang mungkin akan diperlukan jika terjadi masalah di perjalanan.
  • Mencoba untuk menghindari jam sibuk.
  • Bawa perbekalan ( makanan dan minuman ) secukupnya.
  • Sebaiknya anda membawa uang cash hanya cukup untuk satu kali perjalanan, jangan bawa uang cash berlebihan.
  • Sebaiknya anda mempunyai teman seperjalanan.
  • Paling tidak ada dua orang pria dalam satu kendaraan anda.
  • Jangan mendahului kendaraan di depan anda kecuali dengan perhitungan yang matang.
  • Jangan paksa untuk tetap berjalan jika lelah maupun ngantuk.
  • Pilih tempat pemberhentian yang aman dan ramai ( masjid ).

Comments

Popular posts from this blog

Ini 10 keunikan Panda yang harus kalian ketahui !!

13 Hewan Raksasa yang sempat Terkenal

Ini jenis-jenis Masker dan manfaatnya !!